18 April 2010

Masalah is.... ???

Belajar memaknai arti kehidupan, artinya harus siap tidak memihak pada diri sendiri. Hmm…jujur saja kehidupanku selama ini terkadang tidak membuatku mengerti siapa aku dan harus bagaimana aku. Berasal dari keluarga yang sederhana tetapi tidak pernah membatasi, membuatku terkadang menjadi sosok manusia yang serba memiliki apapun. Aku punya kebebasan, aku punya keluarga, aku punya teman-teman, aku punya karir, dan yaa aku punya apa yang aku butuhkan. Perasaan “aku punya” itu yang membuat diriku terlalu memihak diri sendiri.

Ketika dihadapkan pada masalah kecil ataupun besar, selalu ada pembelaan untuk diri sendiri atau selalu mencari celah untuk menyatakan, “bukan salahku”. Padahal mungkin benar, setengah benar, atau memang bersalah?? Dengan pencarian celah untuk pembelaan itu, tidak ada keinginan untuk mengakui apapun, kecuali “bukan salahku”.

Hmm, sekarang berfikir bagaimana jika tidak perlu lagi menggunakan pertanyaan “salah siapa?” jika menghadapi masalah?? Karena aku tau, tidak ada orang yang ingin disalahkan.

Lalu bagaimana caranya jika menghadapi masalah??

Mario Teguh bilang, masalah adalah jalan untuk naik kelas, tidak ada masalah yang diturunkan Tuhan tanpa jalan keluarnya. Jadi bersikap ramahlah pada masalah..

So, gimana bersikap ramah itu? Adalah menghadapi masalah dengan tenang dan tidak menyalahkan siapapun.

Jadi menurutku, inilah salah satu cara memaknai arti kehidupan. Belajar menerima orang lain dan masalah dengan ramah.

Tetap tersenyum, tjantique… yang lebih penting dari semua adalah Tuhan bersamamu ^^

Tidak ada komentar: