05 April 2010

Anggi

Sebut saja namanya, Anggi. Siswa laki-laki berperawakan jangkung agak sipit dan murah senyum. Hobinya kabur saat pelajaran berlangsung, atau pamit pergi ke sekolah tapi engga pernah sampai ke sekolah. Padahal udah kelas 3 SMP.
Susah sekali mencari keberadaanya, orang tua dipanggil sampai 3 kali pun tak pernah menampakkan diri. Hanya tinggal satu cara: Home Visit.

Suatu hari, entah malaikat yang mana yang berhasil membujuk Anggi sekolah. Absensi kelas 9c, kelas yang ditempati Anggi segera memberitahukan kepada kami di ruang BP. Sejurus kemudian Anggi sudah ada di ruang BP.

Tampak malu-malu Anggi masuk ruang BP. Aku menatapnya, akh! Hobi baruku menatap "anak yang bersalah", heheh. Aku mempersilakannya duduk, dan rupanya ini klienku. Koordinator BP, Ibu Ani segera keluar setelah Anggi duduk, baguslah setidaknya aku lebih leluasa.

Aku tanya kabarnya...
Dia jawab baik...
Aku tanya kabar orangtuanya...
Dia jawab baik...
Aku tanya persiapannya menuju ujian...
Dia jawab baik...
Aku tanya bagaimana di kelasnya...
Dia jawab baik...
Aku tanya apakah ingin melanjutkan sekolah k SMA...
Dia menggangguk
Aaku tanya apakah sudah punya bekal untuk itu...
Dia menatapku.

Ya! Dia ragu.

Aku tanya, apakah dia tahu alasan pemanggilannya ke ruang BP?
Dia memandangku, dan mengangguk.
Dan aku tak perlu bertanya apa.
Aku tanya, berapa kali dia tidak masuk sekolah, dan baru kali itu dia tersenyum. Aku tersenyum. Dan aku tak perlu bertanya lanjut.

Aku tanya, apakah perilakunya selama ini benar?
Dia menjawab, "salah bu"
Lalu apa yang seharusnya dia lakukan? Tanyaku selanjutnya
Dia tidak menjawab, entahlah....

4 komentar:

swastarayudha mengatakan...

aduuuhh... baca postingan ini jadi teringat.. heehee...
nakal diawal gak apa2 lah, yg penting ntar meranjak dewasa atau tua berubah!
dari pada sebaliknya, atau telat nakalnya, haahaaa..

ayo anggi!!! yang semangaaatt...!!
kita hampir samaaaa...!
hahaahahaa.......

fairyfiani mengatakan...

si anggi cita-citanya polisi jugaa!!

GawaaaT...!

swastarayudha mengatakan...

juga???? mksdnya?

ohh beda..
kecil saya dulu becita menjadi rocker ampe sekarang juga masih! dan saya selalu bermimpi itu.
rocker rocker rocker.. saya rocker yang gagal!, huhuhuuu hiks hiks

knapa gawat ya??
gak ngerti, ahhahhaa..

fairyfiani mengatakan...

hahhah..
ntar klo semmpat sy upload juga potonya. Rocker juga.. hahah..


gAWAT??
iya ya knpa??